image description
image
  • 2020-12-17 00:00:00
  • Super Admin
  • 4844
  • Kegiatan prodi
MEMULAI BISNIS TIDAK HARUS MAHAL (Pengabdian Masyarakat Sivitas Akademika UNW)

Oleh: Setya Indah Isnawati, S.I.Kom, M.M

Pandemi covid-19 masih berlangsung hingga saat ini dan tidak dapat dipastikan kapan akan berakhir. Hal tersebut memaksa masyarakat untuk tetap produktif meskipun banyak keterbatasan. Sivitas akademika Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Ungaran melakukan pendampingan kepada masyarakat Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang untuk meningkatkan produktivitas masyarakat selama pandemi pada Kamis (17/12). Dosen dari tiga prodi, yaitu S1 Bisnis Digital, S1 Pendidikan Vokasional Design Fashion dan D4 Manajemen Retail berkolaborasi dalam rangka pengabdian sesuai dengan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Balai Desa Gogik selama tiga jam dengan diikuti oleh 25 ibu PKK setempat. Antusiasme terlihat dengan berlangsungnya diskusi antar peserta dengan para dosen, serta semangat mereka dalam mengikuti kegiatan hingga selesai. Kegiatan ini diawali dengan praktek membuat pengait masker hijab yang dibimbing oleh para dosen dari S1 Pendidikan Vokasional Design Fashion. Selanjutnya, materi diisi oleh dosen D4 Manajamen Retail yang berfokus pada cara pengelolaan keuangan bisnis. Terakhir, peserta diajari bagaimana dalam melakukan pemasaran produk, dalam hal ini yaitu pengait masker, melalui kanal-kanal digital, salah satunya facebook.

Kaprodi S1 Bisnis Digital, Jaya Ramadae Bangsa, SE, M.M mengatakan, “Kenapa facebook masih sangat digemari dalam pemasaran produk? Karena Facebook masih menjadi primadona media sosial yang sangat digemari banyak kalangan, dan juga disitu kita bisa memasarkan produk berdasarkan lokasi terdekat kita, melalui menu marketplace.” Dosen D4 Manajemen Retail, Mona Inayah, SE, M.M menjelaskan pentingnya pengelolaan keuangan dalam memulai sebuah bisnis. “Bahwa 78% bisnis gulung tikar itu bukan karena sulitnya target pasar, melainkan karena buruknya pengelolaan keuangannya,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat berlanjut seterusnya, terutama kepada para pemuda Desa Gogik. Ibu Lurah setempat, Suyaroh, mengatakan bahwa “Semoga kegiatan ini dapat berlanjut ya, jangan putus sampai disini, malah bisa ke remaja disini yang mereka lebih melek teknologi, disitu sangat membantu desa ini untuk lebih berkembang.” Pernyataan ini ditimpali oleh dosen S1 Pendidikan Vokasional Design Fashion, Purwosiwi Pandansari, S.Pd., M.Pd yang mengucapkan banyak terima kasih atas atensi dari ibu PKK yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pengabdian ini.



Kategori

Program Studi S1 Bisnis Digital

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: +6281392479195
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: [email protected]

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Bisnis Digital 2023