image description
image
  • 2023-01-02 00:00:00
  • Super Admin
  • 3579
  • Kegiatan Mahasiswa
Trend Ide Bisnis 2023 Buat Mahasiswa

Akhir tahun seringkali dijadikan waktu untuk refleksi, mengevaluasi hasil kerja sebelumnya dan membuat resolusi untuk tahun baru. Selain itu, tak ada salahnya untuk mencari referensi bisnis menjanjikan di tahun 2023 yang mungkin bisa dicoba. Terutama bagi mahasiswa yang saat ini menjadi tombak bagi perubahan trend ide bisnis. Mereka menjadi pioneer bagaimana memulai perubahan dan perkembangan bisnis yang disesuaikan dengan era digitalisasi 5.0. Bahkan tak ayal jenis bisnis yang muncul dapat dilakukan sembari rebahan di kamar kos. Hal tersebut relevan dengan slogan "kerja cerdas bukan lagi kerja keras". Dilansir dari laman uc.ac.id, berikut beberapa jenis trend ide bisnis tahun 2023 yang dapat diaplikasikan oleh mahasiswa hanya melalui gadgetnya:

1. Content Creator

Masifnya penggunaan media sosial telah melahirkan peluang usaha menjanjikan, yakni kreator konten atau content creator. Profesi ini sekilas tampak mudah karena hanya mengandalkan media sosial dan koneksi internet, tetapi sebenarnya membutuhkan kreativitas tinggi dari creator. Sejauh ini, Instagram, Youtube, dan TikTok menjadi platform-platform favorit yang dipakai content creator. Dari jenis bisnis ini kalian bisa menjalankannya hanya melalui gadget atau smartphone saja.

2. Fotografer dan Videografer

Profesi-profesi ini sebenarnya sudah mempunyai pangsa pasar sendiri, khususnya di acara-acara penting seperti wisuda dan pernikahan. Mereka pun telah melebarkan sayap ke sejumlah platform seperti Instagram dan stock photo website untuk memamerkan karya-karyanya. Untuk itu, fotografer dan videografer menjadi dua peluang usaha menjanjikan pada 2023. Terutama peluang besar untuk fotografi produk maupun video iklan yang dibutuhkan oleh para perusahaan besar. 

3. Dropshipper dan Reseller

Sama seperti fotografer dan videografer, dropshipper dan reseller adalah dua profesi yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Kalian tak perlu mengeluarkan modal besar, sebab barangnya dipasok supplier. Hanya saja, keuntungan yang diterima tak sebesar yang diterima supplier utama. Kendati demikian, jenis bisnis ini diprediksi tetap diminati pada 2023. Terutama bagi mereka yang memerlukan side job atau sumber penghasilan tambahan seperti mahasiswa. Biasanya dropshipper dan reseller diminati dalam bidang fashion, yang saat ini sangat menjanjikan adalah bisnis thrifting (pakaian bekas bermerek layak pakai).

4.. Web Develoment and Design

Penggunaan website yang kembali meningkat ikut mempengaruhi permintaan pembuatan beserta desain untuk platform tersebut. Kalian juga tak perlu kuliah dulu di jurusan yang berhubungan dengan web development dan design. Ada banyak tutorial gratis yang dapat dijadikan sebagai sumbernya. Penghasilan yang diperoleh dari peluang usaha ini sangat menjanjikan. Akan tetapi, kalian harus konsisten belajar dan membangun branding awareness untuk memperoleh klien potensial.

5. Affiliate marketing 

Satu lagi ide bisnis yang berpeluang mendatangkan keuntungan besar adalah affiliate marketing. Biasanya usaha ini berhubungan dengan tren belanja online. Menjalankannya pun sangat mudah, sebab kalian hanya perlu memasarkan produk-produk orang lain. Ketika konsumen membeli produk memakai kode referral kalian, maka akan ada komisi yang dikirimkan sesuai perjanjian yang disepakati.

6. Franchise 

Terlepas dari ketidakpastian di pasar, franchise memang menjadi model bisnis yang punya kinerja baik selama masa resesi. Sebab, dengan menjalankan franchise, kalian telah mendapatkan dukungan dari manajemen pusat dan tidak perlu membangun sedari awal, melainkan cukup menggunakan merek dagang yang sudah terkenal di pasaran.  Sehingga, ini menjadi cara banyak pengusaha untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat untuk mendapatkan keuntungan.



Kategori

Program Studi S1 Bisnis Digital

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: +6281392479195
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: bisdig@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Bisnis Digital 2023