image description
image
  • 2023-09-18
  • Bisnis Digital UNW
  • 2882
  • Kegiatan prodi
Prodi S1 Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo Selenggarakan Workshop Pengembangan Bisnis Mahasiswa

Hari Minggu, 17 September 2023, Prodi Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo (UNW) menyelenggarakan workshop Pengembangan Bisnis Mahasiswa dalam rangka Program Pembinaan Mahasiswa Wirusaha (P2MW) dengan menghadirkan M. Rimba Putra, S.Mn., AWP, RSA selaku praktisi keuangan dan Agung Novianto Margarena, S.E.,M.M. selaku praktisi pemasaran. Workshop ini diselenggarakan secara luring di aula gedung M lantai 4 UNW dan dimoderatori oleh Irsal Fauzi, S.E., M.M. selaku perwakilan dari universitas sekaligus dosen Prodi S1 Bisnis Digital UNW.
Workshop dengan tema "Scale up Bisnis Mahasiswa: Pemanfaatan Google Trends dan Insight IG, Perencanaan Keuangan Usaha, Tips Khusus Bisnis yang Bankable dan Menarik Minat Investor Era Digital" diikuti oleh ratusan mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa penerima dana hibah P2MW  Universitas Ngudi Waluyo dan beberapa peserta umum. Acara ini berlangsung cukup interaktif oleh para peserta workshop.
"Di era digital yang didominasi pemasaran digital, maka analisa terhadap trend pasar dan implementasinya pada SEO merupakan kunci bisnis digital" kata Agung saat menjelaskan paparannya. Lebih lanjut disampaikan bahwa "Strategi TTC (Title, Tag, Content) dapat digunakan pada SEO on page, sedangkan SEO off page dapat memainkan backlink. Kemudian analisa insight pada sosial media, maupun google analytic diperlukan untuk menaikkan grade pada social blade".

“Bisnis mahasiswa perlu memperhatikan pencatatan penjualan, pencatatan keuangan, serta legalitas bisnis agar bankable di mata lembaga keuangan untuk pencarian permodalan tambahan” kata Rimba dalam penjelasannya. “Di Era digital sekarang, pengajuan permodalan lebih mudah, namun pastikan modal dipakai untuk produktif, bukan konsumtif, serta lembaga yang memberikan pinjaman tervalidasi Otoritas Jasa Keuangan” tutur Rimba lebih lanjut.

Setelah kedua pemateri memaparkan materi dilanjutkan sesi tanya jawab, presentasi masing-masing mahasiswa penerima hibab P2MW serta review bisnis untuk mendapatkan masukan dari para praktisi. Hasil masukan diharapkan dapat ditindaklanjuti guna mengembangkan usaha mereka.

Irsal Fauzi, S.E., M.M. selaku moderator sekaligus dosen Prodi S1 Bisnis Digital UNW menyampaikan bahwa "peran kolaborasi dengan praktisi dibidangnya diperlukan untuk pengembangan daya saing output lulusan ketika memasuki dunia kerja terutama dari sisi wirausaha muda. Forum ini diharapkan dapat berkontribusi pada target pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan wirausaha di Indonesia yang baru diangka 3,74% dari total populasi menuju 4% pada 2024 agar tidak terlalu tertinggal dari negara Asia Tenggara lainnya". Kemudian sesi diakhiri pemberian cinderamata dan foto bersama.



Kategori

Program Studi S1 Bisnis Digital

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: bisdig@unw.ac.id

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Bisnis Digital 2023