image description
image
  • 2021-07-02 00:00:00
  • Super Admin
  • 4257
  • Kegiatan prodi
SEMINAR NASIONAL “UMKM, RITEL & DIGITAL HABITS”

Oleh: Setya Indah Isnawati, S.I.Kom., M.M

Universitas Ngudi Waluyo (UNW) telah mengadakan seminar nasional bertajuk “UMKM, Ritel & Digital Habits” melalui daring pada Minggu (7/2). Seminar ini hasil kolaborasi antara dua program studi, yaitu S1-Bisnis Digital dan D4 Bisnis & Manajemen Retail. Tujuan dari acara ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bagaimana membangun sebuah brand, cara memasarkan produk-produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), mengelola manajemen SDM, dan tips strategi marketing online.

Kegiatan seminar ini menghadirkan beberapa pembicara, baik praktisi maupun akademisi, antara lain Gendut Marjoko, ST., MBA., MSc, Dr. Hesti Respatiningsih, SE., M.Par, Mona Inayah Pratiwi, SE., MM, dan Jaya Ramadae Bangsa, SE., MM. Seminar dibuka oleh sambutan Rektor UNW, Prof. Subyantoro, M.Hum, di mana ada harapan bahwa kegiatan seminar bisnis seperti ini agar selalu di realisasikan di lingkungan UNW yang bekerja sama dengan para pakar dan pelaku bisnis lainnya.

Praktisi creative marketing consultant, Gendut Marjoko, ST., MBA., MSc, memberikan materi tentang “Branding is Action”. Topik tersebut menarik karena sekarang ini banyak yang berkeinginan untuk memulai sebuah bisnis, namun tidak segera dilakukan. “Saya mengutip dari Bob Sadino yang mengatakan bahwa bisnis yang paling bagus adalah bisnis yang dimulai, bukan yang hanya sekedar diperbincangkan, nah tolong camkan petikan ini.“ Tambahnya.

Ketua Forum Economic Development, Employee and Promotion (FEDEP) Kab. Purworejo, Dr. Hesti Respatiningsih, SE., M.Par, juga memberikan materi tentang cara memasarkan produk UMKM lokal. “Selama ini yang menjadi halangan dalam berbisnis itu kan modal, nah sebenernya modal itu tidak melulu soal uang, tapi bisa jadi kreativitas dan kemauan.” Tambah Hesti.

Topik yang disampaikan oleh Mona Inayah Pratiwi, SE., MM selaku dosen D4 Bisnis & Manajemen Retail yaitu tentang pengelolaan SDM Ritel secara optimal. Sementara itu, Jaya Ramadae Bangsa, SE., MM selaku Kaprodi S1-Bisnis Digital mengusung topik trik strategi marketing online.



Kategori

Program Studi S1 Bisnis Digital

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: +6281392479195
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: [email protected]

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi S1 Bisnis Digital 2023